lebih hebat mana:semut atau kecoa?

semut hebat

semut hebat

Tergantung.Loh,kok tergantung emang semut dan kecoa bisa digantung ya?…tidak salah kan kalau sekali-kali kecoa digantung dipohon toge?hehe

We’re back…

Ya,kalau bertanya hebat mana,semut atau kecoa, saya jadi bingung? karena secara langsung saya belum pernah melihat semut dan kecoa berantem,ya kita coba lihat dari sudut pandang secara objectif saja. Kita coba pandang sedikit dari sisi kehidupannya.Mana yang lebih hebat? saya cenderung lebih memilih semutlah yang lebih hebat.Kenapa?

Pertama,kehidupan dunia semut lebih teratur daripada kecoa. Semut diciptakan sesuai dengan kodratnya:ada semut betina,semut jantan dan ratu. Masing-masing jenis semut sudah memiliki tugas masing-masing,tanpa harus diperintah, dan semut selalu menjalankan tugasnya dengan sungguh2.Berbeda sekali dengan manusia, khususnya di indonesia, dimana budaya “menghidupi” keluarga didominasi oleh kaum adam.Kaum semut menjadikan semut hawa(maksudnya semut betina,red)sebagai kaum yang paling repot dan paling bertanggungjawab.

Bayangin nih, (jangan lama-lama bayanginnya, nanti malah nglamun yang tidak-tidak?).Semut betina tugasnya menyediakan makanan, memelihara semut yang belum lahir, membersihkan sarang, membuat sarang dan melindungi koloni.Hebatnya, mereka tidak pernah mengeluh atas pekerjaannya, apalagi berdemo didepan ratunya, “Ratu,saya mau pulang kampung ke rumah ortu saya,saya sudah capek bekerja disini!!”

Nah,ini yang paling seru.Di dunia per-semutan-an,semut adam-lah yang paling berbahagia.Mereka punya sayap(seperti malaikat aja?),tidak perlu bekerja dan…

Terus,tugasnya ngapain donk?

Bikin anak!!!tapi,..bikin anaknya cuma bisa sekali saja,setelah itu meninggal dunia. Gimana,mau jadi semut pejantan?

Mengenai si ratu bagaimana?kok tidak dibahas? Tenang boss,..si ratu tugasnya hanya ngendog (bahasa keren dari planet jawa, artinya:”bertelur”) cuma itu aja kok,,ah ga seru!!!

Ngomong-ngomong, ni baru yang pertama ya?jadi lupa saya,kepanjangan sih!! Oke,yang kedua:semut lebih hebat dalam ber-sosiali-sasi. Setuju tidak?kalau tidak setuju juga tidak apa-apa. Ya,mereka hebat dalam bergaul.Kalau kita perhatikan,setiap semut kalau bersua “kelihatannya” seperti kalau orang salaman.Mereka selalu menegur sapa,tidak cuek bebek.

Ternyata,mereka punya cara sendiri untuk berkonunikasi.Semut punya semacam antena yang mengandung peromon.Apaan tuh peromon?peromon itu semacam kue dorayaki yang dimakan doraemon!!haha..(peromon adalah sejenis bahan kimia berbau khas yang dikeluarkan dari kelenjar di seluruh badan semut. Peromon digunakan untuk menyiagakan semut akan adanya bahaya ,penunjuk jalan bagi semut lain agar tidak nyasar, mengenali satu sama lain, mendapat bantuan dari semut lain dan membuat musuh ketakutan.

Karena mereka suka berkoloni,hidup bergotong royong dengan penuh damai,mencapai tujuan bersama yaitu hidup.Mereka bisa bertahan hidup bagainapun kondisinya.

Lalu bagaimana nasib si kecoa?perasaan dari tadi semut menang terus ya? Wah tidak adil!! Abis gimana donk?ketika mendengar kata kecoa,adik saya malah takut karena jijik dan jorok. Memang bener sih,kecoa sudah terkenal karena hidupnya ditempat yang jorok-jorok. Tapi disamping ke-jorok-kannya itu,kecoa saya acungi jempol karena kehebatannya bisa betahan hidup diluar angkasa!

Trus,trus,trus..cerita donk!

Menurut Anatoly Grigoryev,seorang wakil presiden akademi ilmu pengetahuan rusia,” Kecoak mampu hidup selama 18 bulan di luar stasiun luar angkasa dan diperkirakan bisa hidup di planet yang dihuni oleh alien” Tapi sayang,dia mengambil sample penelitian kecoaknya bukan dari indonesia,tapi dari afrika. Kecoak dari afrika ini dipilih karena bisa hidup didaerah yang sangat ekstim,yaitu minus 150 derajat celcius(dingin banget) dan si kecoak ini juga bisa bertahan hidup dengan suhu yang panas sekitar 60 derajat celcius.

Makanya,bagi yang ingin membuat keripik kecoa,silahkan tuh goreng kecoanya sampe kriuk-kriuk, biar lebih renyah gitu.hiiiiii…Tapi,walaupun si kecoa ini bisa hidup bertahan diluar angkasa sekalipun,bagi yang phobia kecoa,jangan takut dulu,saya punya tipsnya buat melawan kehebatan sikecoa.

Caranya gampang:ketika ada kecoa datang,anda jangan takut dulu,apalagi sampai lari terbirit-birit,no way!!!
Anda tidak perlu mengambil pisau untuk membunuh kecoa,apalagi memakai guling!
Cukup tendang aja si kecoa sampai dia terbalik badannya.Itulah kelemahan sikecoa!
Dia bisa mati dengan sendirinya,karna dia pasti akan kecapean untuk membalikkan badanya.
Mudah kan,selamat mencoba!!

Semoga bermanfaat.

“ayo jadikan otakmu tambah keriput dengan ber-cuap-cuap lebih dalam lagi”

2 Responses to lebih hebat mana:semut atau kecoa?

  1. Puspita W says:

    Lebih hebat “Otak kriput”, kebanyakan mikir sampai keriput.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: